BOOKING TIKET PESAWAT

Negosiasi

Negosiasi. Info sangat penting tentang Negosiasi. Mengungkap fakta-fakta istimewa mengenai Negosiasi

Negosiasi. Kalimantan Timur. Lampung Utara. Lalu, apa esensinya negosiasi? Negosiasi merupakan suatu proses penetapan hubungan antara pihak-pihak yang terlibat, dan bukan model mau menang sendiri dengan segala trik-trik rekayasa menekan dengan berbagai cara tidak etis lawan negosiator. Negosiasi merupakan suatu proses hubungan interaksi yang memakan waktu (bukan boros waktu) didasarkan atas kemauan memperoleh kesepakatan pikiran (meeting of minds). Inti organisasi bisnis Asia adalah awalnya bisnis keluarga dan dalam perjalanan waktu ada yang sudah mengalami suksesi. Berangkat dari karakteristik dasar, maka semua pihak menyaksikan kekuatan operasi bisnis dan manajemen yang dengan kerjasama tim (guanxi) dan dilekati sikap mempercayai (shinyung dalam bahasa China atau trust dalam bahasa Inggris) yang ditumbuhkan melalui tradisi dan interaksi dengan lingkungan dimana mereka beroperasi. Sekalipun landasannya adalah bisnis Asia kecil milik keluarga dan tumbuh menjadi skala menengah dan besar, dalam pola pikir mereka ingin menggapai/memperluas peluang segmen pasar yang ada dengan hati nurani dan sikap pandang yang tidak mau mengacaukan pesaing atau sesama pelaku bisnis. Dengan kemajuan masyarakat, maka semua pihak dapat memanfaatkan produk piranti keras maupun piranti lunak teknologi informasi (telepon seluler, Internet, Facebook ), teknologi proses produksi dan teknologi transportasi. Hanya saja, semua pihak juga bakal merasakan tetap ada desakan menghargai waktu, tetapi tidak dalam arti quick-fix untuk mengembangkan bisnis menjadi skala menengah dan besar. Di Asia ada perilaku tetap menghargai muka dan tidak sombong dengan cara "menekan-nekan" atau membentak-bentak lawan bicara dalam negosiasi. Menghargai "muka" merupakan budaya Asia yang tidak dapat dihapuskan dengan membuat takut lawan negosiator. Memperlihatkan sikap sopan, menghargai pendapat dan pandangan, serta kesabaran dalam bertutur-kata dengan tetap menghargai efisiensi, fleksibilitas merupakan wujud apresiasi yang diharapkan mitra/lawan negosiator. Sikap sabar dalam arti "kesabaran adalah suatu kebajikan" (patience is a virtue) merupakan suatu keunikan tersendiri. Bila di Jepang, para pihak ketika berinteraksi dengan sesamanya bahkan dengan pimpinan organisasi bisnis akan tersedia waktu dalam arti "just-in-time" sesuai lamanya waktu yang disepakati lebih dahulu untuk berdialog tanpa mereka bersikap tergesa-gesa. Sejumlah literatur China kuno mencatat sejumlah karakteristik negosiator yang berhasil dengan cara mengembangkan pendekatan sebagai berikut: 1. zhi (kebajikan), 2. xin (kredibilitas), 3. ren (tanggungjawab pribadi), 4. yong (ketabahan hati), dan 5. yan (disiplin)


BOOKING TIKET PESAWAT
Powered By : Blogger